Lisbon Punya Halte

Sudah empat malam berturut – turut saya dan geng blayangan ke Oriente, stasiun terpadu dikawasan selatan Lisbon. Terpadu karena ada subway di jalur bawah, terminal bus dibelakang, kereta antar kota diatas dan tembus ke Vasco Da Gama mall dilantai dasarnya.

image

Oriente, dibawah jalan ini adalah lantai dasar mall

image

Ke bawah menuju subway dan mall

image

Nggak kebayang dibawah jalan raya ini ada mall

image

image

Koridor subway

image

Vasco da Gama mall.

Jjs, makan dan wifi di mall harus. Mall besar yang tembus ke promenade di pintu belakangnya ini hanya berlantai tiga. Satu atas, satu sejajar bumi, satu dibawah bumi. He..he.. bahasanya aneh ya?
Kalau dibandingin dengan Solo Grand Mall memang nggak ada apa-apanya. Tapi isinya bo! Mau cari Sephora, Zara, Bershka, Geox, Springfield, Levi’s, pokoknya komplit. Saya sendiri ga doyan shopping, capek dikaki. Gara-gara maminya genduk minta dibeliin jaket ya kepaksa muter-muter di mall. Jaket difoto, kirim, nggak suka. Foto, kirim, nggak cocok warnanya. Jadi ya sudah empat malam ini kerjaan saya di mall jadi tukang foto jaket -.-‘
Hmm..ini malah bahas mall. Sebenarnya saya mau nulis soal halte di Lisbon. Di opo onone ada foto tentang board penunjuk waktu berapa menit kita harus menunggu bus yang datang. Tidak semua halte mempunyai board digital yang terhubung dengan GPS bus yang kita tunggu. Lalu bagaimana kalau kita ingin tahu berapa lama lagi bus itu tiba?
Di halte bus Lisbon, selain terdapat peta dan timetable bus, ada cara lain yang bisa dipakai. Yaitu dengan sms ke nomer hotline perusahaan bus itu.

image

Caranya sih mudah. Cukup tulis kode halte dan sms ke nomer 3599. Kode halte tempat saya menunggu bus 728 balik ke Cais de Sodre adalah C 02511, disamping Tivoli Hotel. Selain kode, setiap halte juga mempunyai nomor sendiri. Sangat membantu ketika kita membaca peta dihalte dan menentukan jalur perjalanan berikutnya.
So, sewaktu saya didalam mall dan ingin tahu berapa lama lagi bus 728 akan lewat, saya tinggal sms ke nomer tersebut. Balasan sms itu akan berisi berapa menit lagi semua jalur bus dihalte itu akan lewat. Simpel dan sangat membantu. Gratis tentu saja jika simcard anda lokal Portugal (optimus, vodafone, tmn, lyca).

image

Nomor halte

image

Kode halte berwarna biru. Nomor halte berwarna merah

image

Semua keterangan ada dipeta (bhs inggris dan portugal)

image

Soal fasilitas didalam bus juga bagus. Disetiap jendela ada palu pemecah kaca. Ada empat kursi berwarna merah khusus untuk difable. Pegangan tangan banyak. Tombol stop ada dimana-mana. Sebuah CCTV dengan dua lensa terletak ditengah-tengah bus. Sopir juga bertindak sebagai kondektur. Bayar pakai cash atau tinggal menempelkan kartu bulanan ke scanner juga bisa. Pokoknya jauh lebih lengkap dibanding busway.

image

Selain bus dalam kota, saya dulu juga sering bolakbalik Setubal-Lisbon-Estoril dengan bus atau kereta. Pernah saya tidur di stasiun Estoril gara-gara salah baca timetable. Pernah juga terpaksa merogoh 110 euro bayar taksi Lisbon-Setubal karena ketinggalan bus. Begitulah enaknya drydock, mblayang sepuasnya dimalam hari. Meski nyesel juga karena saya tidak bisa split shift,pengennya siang bisa keluar. Main ke museum atau stadion-stadionnya Benfica, Porto sama Sporting itu. But, let’s see next week..

Naval Rocha ,221113

Advertisements
Categories: mblayang Portugal | 27 Comments

Post navigation

27 thoughts on “Lisbon Punya Halte

  1. halo papinya genduk, nomer2 mba nih…nomer jaket fashion M ,jaket winter L, sepatu biasa no4 sepatu dansa no 4½ , sepatu boots no5, warna kesukaan burgundy,fuschia,hitam……monggo dipilih…mumpung masih ada seminggu klayapan shoping2 malem hihihiii…

  2. kamu koq ke tempat2 keren trus sih, kan aku juga pengen

  3. taksi abis 110 euro itu seberapa jauh mas? lumayan banget ituuu…
    btw selalu seneng berada di kota2 yang transportasi umumnya nyaman dan well organized. 🙂

  4. Pesen jaket abang juga ya mas..ukuran S…merahe sing koyo MU hahahaha

  5. Mas, sing pesen jaket akeh. Kulakan wae po piye? 😀

  6. woaaahh… 😯 saya iri mas

  7. sik sik ada kursi khusus difable, naiknya gimana?

    • Di pintu tengah ada metal plate yang bisa memanjang keluar dari bawah pintu. Jadi semacam perantara untuk wheel chair naik dan turun bus. Dibagian tengah bus juga ada open space untuk difable ai.

  8. Saya entah kenapa kerap berpikir bahwa kemodernan sebuah kota itu tercermin dari stasiunnya ya.. he he..

  9. hastagaaaa 110 Euro buat naik taksi, perih kak periiiiihhh *langsung cek kurs Euro hari ini*

  10. arsitekturnya haltenya indah bangeeet 🙂

  11. saya tertarik dengan gaya arsitektur di Lisabon. modern sekali dan futuristis. nampaknya seimbang antara modernitas dan kawasan tua-nya, mungkin ini juga cermin dari budaya bangsa Portugis itu sendiri.

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: