Jurus Nembak Number One

Mengaku pencinta musik dan gitar tanpa pernah menulis tentangnya bagai sebuah dosa besar bagi saya. Itung-itung bayar hutang, dibawah ini adalah lima lagu beraroma gitar yang wajib ada di hape saya.
Mayoritas adalah band lawas beraliran rock, herannya yang saya suka adalah lagu yang keluar dari pakem mereka.

1. Beth KISS
Single terlaris dari band amrik ini ada di album the destroyer, keluar pada agustus 1976. Siapa yang tak kenal dengan band yang selalu tampil bermake-up dengan live stage yang heboh dan gila. Lagu yang aslinya ditulis tahun 1971 oleh gitaris Stan Penridge ini dibawakan dengan manis oleh sang drummer Peter Criss. Sangat mellow, dan jauh dari kesan sangar mereka.
Begitu suksesnya Beth, membuatnya nongol dalam 14 album lainnya.
Banyak versi dan cover dari lagu ini. Dua yang saya suka adalah versi unplugged dan versi acoustic dimana Criss bernyanyi hanya diiringi petikan melodi gitar akustik elektrik dan paduan orkestra.
Setiap mendengarnya saya selalu merinding dan keronto-ronto. Beberapa penggalan syairnya seolah mampu mewakili apa yang saya rasakan. Coba tengok lirik dibawah ini.
You say you feel so empty
That our house just ain’t a home
I’m always somewhere else
And you’re always there alone
Just a few more hours and I’ll be back home to you
I think I hear them calling
Oh Beth what can I do
Beth what can I do

2. FaithfullyJourney
Lagu kebangsaan ketika saya di surf. Selalu dibawakan di closing session acara crew show. Single di album Frontiers, keluar di tahun 1983. Melegenda hingga sekarang karena kekuatan lirik yang dikandungnya. Ditulis oleh sang keyboardist Jonathan Cain,Steve Perry sedikit merendahkan suaranya jika dibandingkan dengan di Open Arms. Meski piano sangat mendominasi lagu ini, solo gitar elektrik dari Neal Schon sanggup memberikan nuansa pilu bagi setiap pendengarnya. Anyhow, this is a great song. Sebuah karya yang didedikasikan untuk keutuhan sebuah keluarga (musician) yang selalu terpisah karena tuntutan pekerjaan.
And being apart ain’t easy on this love affair
Two strangers learn to fall in love again
I get the joy of rediscovering you
Oh, girl you stand by me
I’m forever yours
faithfully…

3. Hotel California Eagles
Sumpah! Sudah hampir dua tahun saya belajar fingerings lagu ini. Dan belum berhasil 😦 . Versi asli dari single yang keluar tahun 1977 menampilkan duo interplay elektrik gitar bersahut-sahutan dari Don Felder dan Joe Walsh pada epilogue lagu. Apik dan dinobatkan Guitar Magazine sebagai salahsatu solo gitar terbaik. Dan saya semakin ternganga ketika melihat video live acoustic appearance mereka dalam peluncuran album reuni Hell Freezes Over (1994). Dari intro yang bernafas flamenco dan keseluruhan harmoni melodi dua akustik gitar, sebuah akustik elektrik gitar dan bass gitar menyatu dengan tempo dari sebuah perkussi.
Cakep. Dan setiap mendengarnya saya malah tidak bisa tidur. Penasaran dengan fingeringnya. Banyak gitaris pemula berseteru tentang kunci awal lagu ini. Ada yang memulai dari Am ada juga yang Bm. Well,rumit jika dibahas. Tapi saya keukeuh dengan Bm di fret 7 ^.^

4. HonestlyHarem Scarem
Single di debut album yang berjudul sama dengan nama band mereka. Terbilang anyar jika dibanding ketiga lagu diatas (1992). Vocal Harry Hess dan gitar akustik Pete Lesperance dari band asal Kanada ini pada separuh awal lagu mengingatkan saya akan Gary Cherone dan Nunno Bettencourt (Extreme). Solo fingering yang rumit sebelum bass drum masuk sangat asyik didengarkan.

5. AsmaraNovia Kolopaking
Yap! Mbak Novia yang terkenal sebagai pemeran Siti Nurbaya itu. ^.^ Jangan salah, lagu cinta keluaran 1997 ciptaan Chossy Pratama ini penuh dengan sentilan petikan dahsyat. Jika didengar dengan baik ada dua akustik melodi bermain disana. Saling melengkapi dan sarat aroma latin. Bertempo pelan, mendayu dan cocok untuk yang sedang kasmaran. Saya tidak sedang kasmaran, namun saya penasaran siapa pemetik gitar dilagu ini. Ada yang tahu?

Masih banyak sebenarnya yang merupakan favorit saya. Dari  Stairway To Heaven-nya Led Zeppelin, Tesla, Gypsy Kings, Michael Schenker dan sebagainya. Kelima lagu diatas sangat cocok didengarkan ketika anda duduk dibalkon selepas hujan tengah malam. Berteman kopi dan berbatang-batang kretek. Membaui tanah basah,dan menatap bintang november yang bertaburan. Berbaur nyanyian tokek dan jangkrik tentunya.
Sesuai judul tulisan ini. Buat kamu para jomblo, raih gitarmu. Petikkan satu dari lima lagu tersebut untuk pujaan anda. Dengan timing dan sikon yang tepat, yakinlah mereka para wanita akan klepek-klepek hatinya. Jangan takut dibilang sok romantis. Pada dasarnya mereka itu suka disanjung. So, stay cool and show them you care. Good luck! Jangan lupa sebut nama saya tiga kali

Naval Roche, Lisbon 201113

Categories: ngroweng | 15 Comments

Post navigation

15 thoughts on “Jurus Nembak Number One

  1. mau tahu siapa gitaris lagu Asmara? bukan mba..

  2. masih kerja, sambil ngisengin sana sini..

  3. namaku namaku namaku… wis mas! trus yok nopo iki ? kok gak metu jin ne? 😀

  4. Cuma tau 3 & 4 haha..
    3 gw kurang suka.. terlalu kelam lagunya.. T_T

  5. hotel california itu lagu wajib setiap penyiar zaman aku dulu, karena lama jadi bisa gosip ama penyiar lain atau gak lari buat boker hahaha

  6. Sungguh aku gak bakat pegang alat musik. Apalagi gitar. Sempat niat pinjem gitar oom dan pinjem berbulan-bulan eh masih gak jago aja. Satu-satunya alat musik yang masih kusimpan hingga sekarang hanya harmonika.

    Mas Dee, rekam dong dan upload di youtube hahaha. Mau lihat k’satria bergitar eaaa

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

