Rumah Ketiga : Water And The Blue Water (Fira,Santorini)

Saya belum menyadari betapa pentingnya air di Santorini sampai ketika saya iseng bertanya kepada salah seorang nahkoda Santorini Boat Union saat melihat selang panjang menjulur kebawah dari Fira hingga kedalam laut.
“Those are water!” Serunya.
Air? Saya mengernyitkan dahi.Saya baru paham ketika nahkoda itu menjelaskan selang-selang tersebut bukan selang pembuangan limbah rumahtangga melainkan selang penyedot air laut.
Gila! Pikir saya.Pompa sebesar apa yang mampu menyedot air dari ketinggian rata-rata diatas 250 meter.
Usut punya usut,setelah gunung berapi di pulau yang bernama asli Strongyli ini meletus,semua aliran air bawah tanahnya ikut terputus.Ketika itu penduduk setempat hanya mampu mengharapkan air dari datangnya hujan dan sumber mata air kecil.
Bagaimana dengan sekarang?
Salah seorang penumpang yacht yang pernah bermalam disebuah losmen kecil pernah mengeluhkan charge yang dikenakan ketika dia hendak mandi.Dari dia juga saya mendapat keterangan bahwa air-air yang ada dikolam renang dan toilet umum adalah air hasil penyulingan dari air laut.
Saya pun kembali iseng bertanya kepada pemilik kafe tempat kami biasa nongkrong.Dengan enggan dia menceritakan ada hari-hari tertentu dalam satu minggu yang biasa mereka sebut “water day”.Truk-truk pengangkut air yang datang dari Dodecanese akan menyuplai kebutuhan air minum setiap wilayah.Dia lalu menunjuk air digelas yang ada didepan saya dan air yang keluar dari wastafel.
Air minum di gelas adalah air “impor” dan yang ada di wastafel adalah hasil sulingan air laut.
Sebelum dibangun pabrik penyulingan dengan kapasitas 1200 meter kubik perhari di Fira pada Desember 2009,satu-satunya pabrik penyulingan air di pulau ini ada di Oia,sebuah kampung dipucuk kanan Santorini.Air yang dihasilkanpun masih berkategori non-potable.Bisa dipakai mandi,mencuci dan memasak namun perlu proses lebih lanjut untuk bisa diminum.Air dari Oia inilah yang mengalir ke setiap rumah dan hotel di Santorini dulu.
Saat tulisan ini dibuat,air minum masih menjadi problem utama di Santorini.Banyak wisatawan yang telat menyadari hal ini.Jangan kaget ketika bersikat gigi ,air yang keluar di wastafel akan berasa aneh dan bersiaplah merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli air minum kemasan selama di Santorini.

———————————
Biru!Sangat biru!
Selama 13 tahun menjadi nomad,laut didalam lingkar kaldera Santorini merupakan salahsatu laut terbiru yang pernah saya lihat.Dari Fira,warna biru laut dibawahnya sangatlah menenangkan.Berbeda dengan daerah pesisir atau pantai yang relatif landai dan dangkal membuat warna ombak di tepi pantai terpecah dan cenderung kelabu.
Bagaimana warnanya jika dilihat dari dekat? Sama.Tetap biru.Sangat biru.
Warna ini baru akan pudar ketika cuaca memburuk dan mempengaruhi pergerakan air.Faktor utama yang mempengaruhi warna ini adalah kedalaman laut bekas kaldera Santorini.Bisa dibayangkan kekuatan seperti apa dari sebuah gunung yang meletus dan mampu membuat pulau yang bentuk asalnya bundar menjadi berbentuk bulan sabit berkedalaman air 400 meter.
Dalamnya air inilah yang membuat kapal-kapal penumpang berukuran besar tidak mampu mengulur jangkarnya di Santorini.Yacht kami mempunyai dua jangkar dengan panjang masing-masing 135 meter.Sangat tidak mungkin menyentuh dasar laut Santorini.Beberapa spot di lingkar kaldera memang ada yang berkedalaman kurang dari 200 meter,namun berjarak lumayan jauh dari dermaga Fira Skala.
Dua alternatif untuk berlabuh di kaldera Santorini adalah dengan menggunakan buoy(pelampung) beton raksasa dan floating/mengapung.
Kedua cara itu membutuhkan pengawasan ketat dari bridge/anjungan.
Dengan buoy raksasa yang tertanam 200 meter didasar laut sebagai perantara,kapal bisa menambatkan talinya disana.
Cara floating atau lebih dikenal dengan drifting sering dipakai jika buoy yang tersedia hanya empat buah telah terpakai semua.
Mungkin terdengar gampang bagi orang awam,meski kenyataannya tidak demikian.Angin,arus bawah dan ombak sangat mempengaruhi pergerakan dan pergeseran posisi kapal yang diam.Apalagi di lingkar dalam Santorini,lengah sedikit salah-salah kapal bisa membentur dinding tebing.
Ketika posisi mulai berubah,kapal mengaktifkan thruster untuk kembali ke posisi semula.Thruster adalah mesin berbaling-baling ditanam dibagian samping depan kiri dan kanan sebuah kapal.
Thruster inilah yang membuat kapal mampu berputar dan bermanuver ketika bersandar dipelabuhan.
Satu hal lagi yang unik di Fira adalah kebijakan pemerintah setempat yang mengharuskan setiap kapal memakai jasa perahu/tender Santorini Boatmen Union sebagai moda antar jemput dari kapal ke dermaga.Kapal-kapal penumpang tidak diperbolehkan memakai tender mereka sendiri,termasuk yacht kami.
Selain menambah pemasukan daerah,kebijakan tersebut juga mampu menyerap tenaga kerja.Dari berbagai negara didunia yang pernah saya singgahi,saya baru menemui Capri di Italy,Koh Samui di Thailand dan Santorini yang menggunakan peraturan ini.
Birunya air pulau ini berpadu dengan teknologi dan kebijakan yang tepat sasaran ternyata mampu mendatangkan rejeki tambahan dari sisi tak terduga.

image

Tender dari boatmen union di fira skala

image

Fira dan airnya yang biru.foto berikut akan menampilkan zoom dari selang ditebingnya

image

Selang putih ditebing Fira

image

Dari flying bridge

image

Oia,nun disana

image

Ciblon di santorini

image

image

Nggletak sik ahhh

image

Dari tender

image

Gethek tempat saya mbabu ^ ^

image

Kapal-kapal yang (kelihatannya sih ) diam

image

Santorini aerial view → gambar minjem

image

Pabrik penyulingan di santorini → gambar minjem termak.gr

image

Empat buoy merah sebagai tempat tambatan hati ..eh..tali :p →gambar juga minjem dari boatmen union

image

Nautical chart yang menunjukkan hydrografis dan kedalaman air →gambar lagi-lagi minjem -.-'

image

Sea diamond tahun 2007,tenggelam di Santorini

image

Tragedi untuk kesekian kali

image

Asli! Bukan pinjeman.tanpa editan. Huh* membuang muka

image

Biru putih bendera yunani.sebiru lautnya.seputih kulit saya.wkwkwk...

Note:
– M/S Sea Diamond terbaring dengan damai pada kedalaman 200 meter di sebelah kiri Fira Skala.Kesalahan membaca peta navigasi menyebabkan hull kapal robek tersangkut karang didalam air dan tenggelam pada 6 april 2007 dengan posisi mendongak keatas.Ujung bowspritnya hanya berjarak 60 meter dari permukaan air.
-Dua penumpang berkebangsaan prancis,seorang ayah dan putrinya hingga saat ini belum diketemukan.
-Kekuatan letusan gunung api di Santorini diperkirakan empat kali lebih besar dari Krakatau(1883) dan dua kali lebih besar dari Tambora (1815).
-Letusan gunung api ini menimbulkan tsunami dan menenggelamkan bangsa Minoan di Crete.Debu vulkaniknya mengubur sisa pulau ini hingga 60 meter.
-Peradaban yang hilang di Santorini karena letusan itu memperkuat spekulasi tentang Atlantis.Sebuah teori dalam dialog di Timaues dan Critias oleh Plato.
-Sisterhood of The Travelling Pants(1&2) dan Lara Croft :Tomb Raider mengambil lokasi di Santorini sedangkan Mammamia berlokasi di Skiathos.
-Sebuah kapal ber-thruster mempunyai simbol “x” di samping depan kiri dan kanannya.
-referensi : http://www.termak.gr (desalination plant) ; http://www.santorini-boatmenunion ; http://www.noaa.gov ; santorini yacht services (navigasi) ; wikipedia ; national geographic ; penduduk lokal dan pengalaman pribadi.
-sebagian gambar koleksi pribadi diambil dengan samsung galaxy core.
-next post → mblayang greece → Rumah Ketiga : Images  (Fira,Santorini )

Advertisements
Categories: mblayang greece | Tags: , , | 22 Comments

Post navigation

22 thoughts on “Rumah Ketiga : Water And The Blue Water (Fira,Santorini)

  1. Subhanallah, indaahnyaaa.
    Tapi bergidik ngeri juga pas baca di bagian kapal tenggelam *langsung inget film Titanic*

  2. Waduh.. Itu hebat banget letusannya sampai jadi bulan sabit gitu pulaunya.kalau kedalamannya 400 meter ga bisa berenang dong..

    • Bisa kok ai.temen dulu pernah nyoba.kalo diving dipantai lingkar luarnya.soal diving,oktober abis kandasnya sea diamond,diver yg nyelidikin sebab tenggelamnya tewas karena air pressure yg gede.

      • Ya ampun kasihan banget 😦

      • Pulau ini sebenarnya penuh tragedi ai.Disini ada makanan namanya tomato balls.basicnya ya kuah ama tomat kecil2.konon saking miskinnya dan tidak ada daging untuk dimakan,rakyat setempat memasak tomato balls dan menganggapnya sebagai meatballs.ironis.kapan2 gua posting soal ini.

      • Padahal cantik ya, apakah itu kutukan untuk pulau cantik.

      • Wah kalo soal kutukan gua ga tau ai.Tapi kalo sebelum letusan ada kehidupan maju emang bener.buktinya ya akrotiri itu.Jumlah kerangka yg sedikit udah ngebuktiin kalo sebelum letusan sudah ada prosedur evakuasi.beda ama pompeii di italy yang korbannya ribuan.

  3. Lauuuttt…. *pengen nyemplung*

  4. saya pingin ke situ om… 😦

  5. fira

    nama daerahnya fira ya??
    sama kaya namaku
    hehehehe jadi pingin kesana…

  6. hehee..iya bener di Santorini baru melek mata harus buka dompet buat bayar air keran hostel…sampai sekarang masih gitu? tapi mba suka banget suasana disana. terakhir kesana mungkin 15 thn lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: