Séte,tabac,midi libre dan kartupos

Sering saya keluar masuk tabac sekedar melihat koleksi tembakau,zippo,atau berbagai model pemantik api yang mereka punya.Tidak seperti Melayu(Indonesia), rokok dan tembakau di eropa hanya dijual di kios resmi atau di duty free bandara/pelabuhan.Ada juga beberapa mesin  otomat rokok yang pernah saya jumpai dibeberapa negara eropa.
Tidak ada yang istimewa sebenarnya dari tabac.Selain tempat berjualan rokok dan tembakau,banyak yang merangkap sebagai kios souvenir,koran atau agen lotere.
Berhubung kota-kota yang kami singgahi adalah tempat tujuan wisata dunia,seringkali saya menjumpai kios tabac yang juga berjualan souvenir.Termasuk salahsatunya adalah kartupos.

image

image

Kalo boleh jujur sih,saya malas mengirim kartupos. Dulu saya pernah beberapa kali mengirim kartupos.Tapi tak pernah ada yang sampai.Entah karena perangko yang kurang,nyasar,atau hilang selama perjalanan.Wallahualam.
Dan saya semakin pesimis karena dua kartupos yang saya kirim dari Juni kemaren belum juga tiba.Kartupos pertama adalah kartupos Santorini,Yunani,dikirim dari Athen ke salahsatu editor majalah scubadiver di Jakarta.Kartupos kedua adalah kartupos Blue Mosque Istanbul dikirim dari Bodrum,Turki ke seorang wartawan muda di Solo.Entah bagaimana kabarnya dua kartupos tersebut.Sampai ya sukur,tidak sampai ya gondok. ^.^

image

image

Saya tergelitik ketika melihat model dan bentuk kartupos yang dipajang dibeberapa tabac dan midi libre(kios buku) ketika singgah di Sete,Prancis 3 hari yang lalu.Mungkin karena saya yang kurang memperhatikan perkembangan kartupos,yang pasti saya terkesima dan asyik mengabadikan kartupos-kartupos tersebut.
Berikut adalah gambar dan model kartupos yang saya jumpai disepanjang Quartier Haut,Grand’Rue Mario Roustan,Pont De La Civette dan Quai Général.

image

image

image

image

Empat gambar diatas adalah model kartupos dengan embossed dan sentuhan cat acrylic pada beberapa bagian gambar.Sekilas serupa kartu undangan,tapi jika dibalik akan tertulis format nama,alamat dan kolom standar kartupos.Perlembar antara 1-4€,termasuk amplop.

image

image

image

Ada juga kartupos yang menampilkan gambar kota Sete dan sejarahnya.Serta menampilkan foto G.Brassen dan biografinya.Berhubung prancis saya cuma sejumprit,maaf deh saya tidak bisa membaca dan menjelaskan tentang dia.Gambar paling bawah adalah duplikat agenda kota.
Selain model diatas,ada juga kartupos tiga dimensi seperti pada penggaris anak-anak yang dijual diMelayu.Jika dilihat dari samping,gambarnya seolah hidup dan nyata.Ukurannya?sebesar layar tv 14inchi!

image

image

Harga perlembar 4.5€.Beli 4,cuma 15€.Lumayan murah.Tapi ribet bawanya bagi saya.

image

image

Nah!Anda penggemar masakan prancis tentu suka yang ini.Kartupos bergambar jenis-jenis masakan prancis plus resep dan cara membuatnya.Ada blanc-manger,créme du sete,escargot,bouillabaisse, dan sebagainya.Harga?0,60 sen euro.

image

image

Salahsatu kartupos yang saya suka.Kartupos dengan nilai artistik tinggi.High value dan layak dikoleksi.Bergambar Charlie Chaplin atau bintang film lawas,embossed dan dicat acrylic.Harga yang ditawarkan 2 € berikut sampul.

image

image

Wah kalau gambar kartupos yang pertama bisa dibilang lukisan.Full body painting!5 euro untuk menebusnya.Dibawahnya adalah gambar susunan kartupos model ucapan selamat ulangtahun,selamat menempuh hidup baru ,selamat menikah lagi  :p dan selamat-selamat lainnya.

Harus saya akui,teknologi photoshop dan berbagai aplikasi pengolah foto sangat berpengaruh dalam seni kartupos. Tapi jika melalui proses printing yang bercampur ide kreatif dan nilai artistik tinggi,kartupos akan menjadi sebuah karya seni yang berharga dan pantas dikoleksi.
Saya tertarik pada kartupos dibawah ini.

image

image

Foto hitam putih yang dibuat menjadi kartupos.Tidak sekedar hitam putih,kartupos diatas adalah foto jadul dengan sedikit keterangan tahun pengambilan foto dan pemotretnya.
Hmm..menarik bukan? 🙂

Jadi kartupos apa yang saya beli?

image

🙂 kartupos hitam putih menara Eiffel dan sungai Seine,Paris.

image

Dan kartupos hitam putih patung Liberty ketika masih dalam pembuatan di Rue de Chazelles,1885.
Begitu asyiknya saya memandangi dua kartupos diatas dalam perjalanan pulang dan baru sadar ketika sampai dikabin
“Loh kartupos Sete-nya mana?!”
-.-‘ *malah lupa beli

marseille,240713

*postingan ini ditulis dalam rangka memperingati dua harinya postingan pertama :p

Categories: mblayang france | Tags: , | 20 Comments

Post navigation

20 thoughts on “Séte,tabac,midi libre dan kartupos

  1. Waaah akhirnya ada blognya…selamaat dataang mas. ya ampuun kartu pos-nya marai ngileeer,,,,apik-apiiiik *pengen nglundung ng Yunani dan Turki 🙂

  2. Selalu tertarik dengan gambar2 di kartu pos, tapi selalu mikir kalo untuk beli. Kira2 mau di kirim kesiapa ???? itu selalu jadi pertanyaan hehehe. Tapi ternyata banyak juga yg suka kirim2an kartu pos 🙂

  3. hahaha mosok: *postingan ini ditulis dalam rangka memperingati dua harinya postingan pertama :p…
    ditunggu postingan2 selanjutnya mas.. jangan lupa, postcard nya juga. #eh

  4. Ya ampuuuun bagus-bagus bangeeet. Pantes ya kalo aku dapet kartu pos dari LN kualitasnya kece-kece 🙂
    Salam kenal ya mas. ^^

  5. Pingback: [Postcrossing] Kejutan yang Menyenangkan | La Rêveur Vrai

  6. chiemayindah

    Melipir ke blog ini gegara ngiler di postingannya Yayan dapat kiriman kartu pos Nou Camp Barcelona… huaa jadi iri hehehe

    btw, keren-keren kartu posnya. paling suka yang acrylic, bagus banget secara mahal pulak.. 😀

  7. Hehe..bbnya soak ni.

  8. cosmicbookworm

    Bener ngirim kartu pos ke Indo itu bikin frustasi hahaha. Yg hitam putih bagus bangettt… musti dikasi frame & dipajang!

    • Hi cos 🙂 males banget kalo ngirim ga nyampe.paling suka ama b&w pic.serasa back to the past.

      • cosmicbookworm

        Exactly!! I looove the whole idea of time-travelling, whenever I see books about it, I usually wouldn’t be able to control myself and would just have to buy and read it (H.G Wells’ Time Machine being my all-time favourite).

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

