Ketika ramadhan tiba

Ramadhan ketujuh jauh tanpa keluarga.
Sedih?jelas.Nyesek?pasti.
Dan itu adalah konsekuensi kami.Dari dulu saya mencoba berdamai dengannya.
Ah ,saya nggak mau curhat melalui tulisan ini.Ntar jadi sedih,dan saya gampang marah jika sedih.
*apa hubungannya? -.-‘
Terakhir saya merayakan lebaran dirumah tahun 2006 ,errr..atau 2007?! *maaf saya agak pikun kalo soal tahun,he..he..
Lebaran itupun tidak sesuai skenario gara2 kesiangan.Maksud hati sholat Ied bareng di masjid yayasan,trus muter kampung abis itu.Jadinya malah tercerai berai.Simbok,mbakyu dan anak-anak di masjid,sedang maminya anak2 ketinggalan dirumah.Saya sendiri sholat Ied dijalan depan Srabi Notosuman.Jalan ini memang selalu dipakai untuk sholat Ied setiap tahunnya.
Begitulah..
Dan ramadhan kembali menyapa ketika kami berlayar disepanjang Cote d’Azur musim panas ini.
Pekerjaan membuat kami berpindah tempat dan negara setiap hari.Dan kota-kota pesisir mediteran adalah tujuan kami.Untuk tahun ini ramadhan kami dimulai dari Cannes,dan berakhir di Roma.
Dari 98 yachtcrew disini,40 adalah Indonesia, lebih dari separo muslim.Tradisi kami dibulan ramadhan adalah sahur dan buka bersama.Semua dikoordinir melalui internal meeting.Setiap muslim memberi donasi dalam jumlah yang telah disepakati.Berkisar 25-35$ perorang.Dari donasi yang terkumpul,akan dibagi untuk yachtcrew yang bertugas memasak,menyiapkan cutleries,membangunkan sahur dan sebagainya.
Mengapa dibayar?Karena diluar jam kerja mereka dan tidak ada orang yang mau bangun tengah malam memasak tanpa imbalan.
Bagaimana dengan bujet yang keluar untuk makanan tersebut?Semua proposal sudah diajukan dalam internal meeting, diapprove,bahkan perusahaan kadang memberi bujet tambahan.
Tradisi ini sudah bertahun-tahun berjalan.Dan diantara puluhan perusahaan kapal pesiar lain hanya Holland America Line dan perusahaan kami yang mempunyai tradisi tersebut.
Bersyukurlah saya,setidaknya aura ramadhan ada terasa.Toleransi beragama disini tinggi dan dihargai.Bahkan tak jarang yachtcrew berkebangsaan lain ikut nebeng makan buka dan sahur.Dan itu bukanlah masalah.
Lokasi kami yang berpindah setiap hari sedikit menyusahkan untuk menentukan waktu sholat,berbuka dan sahur.Sebagai patokan,mengunduh jadwal sholat dari tiap negara kami lakukan.Begitu juga dengan waktu matahari terbit dan tenggelam.

image

sunrise sunset timeline dari tiap kota yang akan kami singgahi

image

jadwal waktu sholat local area(Cannes,Prancis)

Ketika anda disamudra,weather forecast adalah sahabat πŸ™‚ dan sangatlah mudah melihat titik sunrise dan sunset dari tengah laut.
Puasa di musim panas mediteran sangat panjang.Subuh dari 4.30 dan maghrib di kisaran jam 9 malam.Jam kerja yang panjang dan terbagi-bagi,lokasi kerja yang kadang memaksa kami berhitam ria atau deretan body molek berbikini berseliweran adalah ujian maha berat.
Untuk ngabuburit,berjjs ria adalah pilihan.Dari sekedar foto-foto,ngubek-ngubek supermarket nyari kurma,hunting tembakau di tabac,ngopi di kafe sambil wifi(lho!) atau sekedar bengong dibangku taman.
Tarawih berjama’ah,bahkan di Msy Windsurf,yacht paling gede dari tiga fleet kami ada mushola mungilnya.Untuk sholat Ied,diningroom atau lounge sering kami pinjam dan disulap menjadi masjid dadakan.Lengkap dengan mimbarnya.
Bagaimanapun juga,kebersamaan dengan keluarga di hari raya tetap tidak bisa dbandingi.

image

Konsekuensi!
Dan lagi,saya mencoba berdamai dengannya πŸ™‚
Hmmm..jika dihitung-hitung berdasarkan kontrak dan masa vacation ,insyaAllah saya akan merasakan ramadhan dengan keluarga lagi tahun 2017.
glodak!!waaa…4 tahun lagiΒ  T.T *baru nyadar

~kebahagiaan tidak musti terwujud dengan kebersamaan~

palamos-port vendres,220713

Advertisements
Categories: Uncategorized | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Ketika ramadhan tiba

  1. Jadi nanti lebaran akan ada di atas kapal ya mas? πŸ™‚ InsyaAllah dimanapun tempatnya akan tetap jadi lebaran yang berkesan ya. Salut dengan toleransi beribadah yang ada di sana.

    • Haha..iya mas.tetep aja ada yg kurang kalo ga bareng family.kemaren ga dpt giveawaynya mbak yusmei to?

      • Oh GA yang Turki ya? iya nggak dapet. Tapi tetep dikirimin yang Mentawai πŸ˜€ Keren kartu posnya ^^

  2. Mas, puasa terpanjang berapa jam? Saya kemaren ditanyain supir taksi, orang-orang yang tinggal di negara yang mataharinya cuma muncul sekejap gimana puasanya, gak bisa jawab ^_^

    • Kalo mediteran,puasa lamaaaaa pake banget. πŸ™‚
      Sahur jam 4 buka jam 9-an.suami mbak kan irish.ireland letaknya diatas.kalo summer,sunrisenya yg telat.jam 7 kaya subuh.summer sunsetnya jam 9-an.kalo winter siangnya pendek banget.
      πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: